8/22/2014

Nyang Keren di Windows Phone 8.1

     Hola!
     Lama tak ngepos, rasanya agak aneh juga ngetik lagi. Haha!
    Oke, di artikel kali ini, saya akan mengulas hal yang sebelumnya sama sekali ga pernah saya tulis. Yaitu tentang GADGET!
     Mungkin beberapa orang sudah tau saya geek di aviasi, Harry Potter, AKB, dan tak banyak yang tau saya geek juga di gadget. Nah, di artikel kali ini, saya akan mengulas tentang WINDOWS PHONE 8.1!
     Windows Phone adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mengganti platform Windows Mobile. Dengan interface khas bernama Modern (namun terkenal sebagai Metro), Windows Phone yang dikenalkan di MWC Barcelona pada 15 Februari 2010 ini menuai respons yang tak cukup menggembirakan di awal peluncuran versinya (Windows Phone 7). Update ke update pun dilakukan Microsoft, dari 7 ke 7.5 (Mango), Mango ke Tango, dan 7.5 ke 7.8. Windows Phone 8, yang apabila sekilas baca terdengar sebagai kelanjutan dari Windows Phone 7, ternyata bukan. Berbeda seperti PC yang dapat kita update OS-nya (contoh: Windows 7 ke Windows 8), Windows Phone 7 tidak mendukung Windows Phone 8, yang dikarenakan beberapa ketidaksinkronan software maupun hardware. Nah, di Windows Phone 8 ini, ada major update yang cukup signifikan dari Windows Phone 8 itu sendiri, yaitu Windows Phone 8.1. Update yang menyediakan pembaharuan besar pada beberapa fitur dasar ini, sangat dinanti-nanti pengguna Windows Phone 8. Saya sendiri mendapatkan Windows Phone 8.1 sehari sebelum Peringatan HUT Proklamasi Indonesia ke-69 kemarin (bagi Lumians, pasti tahu apa handset saya). Nah, pada artikel ini, akan saya ulas tentang fitur-fitur menarik WP8.1 (note: dengan firmware Lumia Cyan) yang sangat saya sukai dan sering saya gunakan. Sok dibaca, atuh!
  • CORTANA

Gambar: Tampilan screenshot Cortana saya

     Cortana, yang namanya diambil dari tokoh dalam video game Halo ini, adalah aplikasi intelligent personal assistant buatan Microsoft yang "di-bundling" dalam Windows Phone 8.1. Kemampuannya sebagai asisten digital inilah yang saya sukai. Dalam keadaan apapun saya sering "berbicara" dengan Cortana. Mulai dari kalimat "I'm bored", perintah "Play Katy Perry", sampai pertanyaan "Who's Siri?". Bahkan suatu saat saya "melamarnya" dengan "Will you marry me?" dan dijawab "I know you know this, but I'm saying it anyway: I'm in a phone." Kocak bukan? 😃

  • NOTIFICATION CENTER

Gambar: Tampilan screenshot Notification Center

     Mungkin ini terdengar biasa saja bagi pengguna Android dan iOS, namun fitur ini banyak membantu dalam menggunakan OS Windows Phone. Salah satu kegunaan yang paling penting bagi saya adalah kemampuannya menampilkan berbagai notifikasi yang masuk, sehingga notifikasi tidak hanya ditampilkan sebagai toast notification dan live tile notification, namun juga ditampilkan di Notification Center. Sehingga menambah efisien dalam melihat dan membuka notifikasi tanpa harus kembali ke Start dan membuka Live Tile. 😎

  • CUSTOM START SCREEN


Gambar: Tampilan Start Screen pada handphone saya yang berjalan di Windows Phone 8.1

     Ini lagi fitur yang menambah cantik Windows Phone. Biasanya Start Screen yang terlihat monoton dengan skema warna tema dan warna asli aplikasi kini dapat diubah dengan gambar pilihan kita. Nah, apalagi yang jadi alasan saya menyukai ini selain "CANTIK"? 😏

     Nah, itu tadi beberapa fitur yang saya sukai di Windows Phone 8.1. Eh, satu hal lagi, BBM udah masuk WP, lho! Makin nambah aplikasi keren di Windows Phone. Jangan bilang WP jelek kalau belum nyoba ProShot, Cortana, Nokia Camera, dan aplikasi keren lain, sob! So, apa yang buat kamu ga mau move on dari OS penuh malware, atau OS tanpa dukungan aplikasi, atau OS yang layarnya isinya cuma aplikasi doang, ke OS yang keren gila, cantik gila, ganteng gila ini? Eh, 😝

0 komentar:

Posting Komentar