5/24/2014

Everything Started from March 8, And Will Never End... -Coretan Kecil Tentang OSN-


     Wow! It’s amazing!! Gold medal.. Thanks, God!!
    OSN, Olimpiade Sains Nasional, sebuah ajang bergengsi bagi siswa se-Indonesia. Alhamdulillah, gw dapet EMAS tahun ini!! THANKS, ALLAH!
     Everything started from March 8, semua dimulai ketika OSK (Olimpiade Sains Kabupaten) dimulai, pada 8 Maret. Sebenarnya sebelum itu sudah ada tahapan yg mungkin jauh lebih ketat, yaitu seleksi tingkat sekolah. Temen-temen anak IPS di SMP 2 Rembang sebenarnya bisa dibilang olympiad-qualified semua. Tapi apa boleh buat, OSK hanya boleh diikuti satu anak dari satu mapel dari satu sekolah. Sebenernya boleh sih ngirim lebih dari satu, tapi untuk tahap selanjutnya harus tetep satu anak..
     OSK di Rembang dilaksanakan di Gedung PKPRI pada 8 Maret. Tes dimulai sekitar pukul 9. Gedung itu boleh dibilang ga banget utk pelaksanaan olimpiade. Gedungnya sih gede (gede, diisi anak 200 masih cukup gede, ga, ya?), lampu plus kipas angin sih nyala (nyalanya cuma setengah jam, 2 jam selanjutnya berlangsung tanpa lampu dan kipas angin..), kursi sih ada (kursi, thok, ya.. Ga ada mejanya.. :D) Yeah, semuanya berjalan mulus. Ga ada gangguan seperti peserta tes yg tiba-tiba bengek di tengah jalan, ga ada peserta tes yg teriak-teriak “Yu ar byutifuul, byutiful, byutiful!” karena ga bisa ngerjain, ga ada pocong yg tiba-tiba jatuh dari surga (#eeeaa), ga ada lagu Gugur Bunga yg mengalun dari jarak 1 AU.. Yeah, everything’s soft (semuanya mulus :D)..
     OSK udah kelar, tinggal nunggu pengumuman hasilnya.. Dan ketika hari pengumuman, dengan cool-nya gw ga buka hasilnya karena emang kagak tau pengumumannya kapan. Di sekolah dibilangin, “Selamat, ya, Mal! Selamat, ya!”, gw bales aja “Iya, iya..” dengan pemikiran “Selamat apaan? Kucing gw beranak?” Semuanya terjawab ketika gw buka hasil print temen gw. Dan alhamdulillah dengan sangat amazing cetar membahana, GW PERINGKAT 1 PASSING GRADE PROVINSI!!! (applause, please..)
     Karena gw masuk passgrade, akhirnya gw masuk TC provinsi yg diselenggarain tanggal berapa gw lupa (dasar pikun..). TC I looks amazing, temen gw se-sekolah ada 3 anak, seenggaknya ga sepi-sepi amat.. Di TC, gw nemu banyak temen. Dari yg pojok barat yg keserempet Sunda, anak Dieng yg ngapak kali, anak Al-Azhar dg gelar Raden Ajeng yg ketawanya naudzubillah.. Gw juga ketemu bapak2 dan ibu dosen UNNES, Pak Arifin yg Dosen Geografi, Pak Bayu yg Dosen Sosiologi, Pak Arif Purnomo yg Dosen Sejarah, Bu Shintya yg Dosen Ekonomi, dan Pak Eko yg Dosen Astronomi.. IT WAS AMAZING!! Setelah TC selama 4 hari, gw ikut seleksi tingkat provinsi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali pd 19 April. Gw ngerjain tanpa beban. Dan begitu selese gw pulang, DAAA DONOHUDAN!!
     Berbeda dgn waktu OSK, pengumuman OSP ini gw deg-degan beuddhhhzz! Begitu denger kabar gw masuk nasional, ge cepet2 buka hape, download hasilnya, dan dengan amazing tiba-tiba kuota gw abis.. Gw beli kuota, hape gw jadiin tethering, trus buka laptop. Begitu buka webpage, dgn cepet gw ketik Ctrl+F, trus ketik “Ja”, dan yg keluar adalah “JAKARTA”!! Gw sempet stres takut ga lolos. Akhirnya gw scroll down, dan nemuin nama Jamal Habibur Rahman. ALHAMDULILLAH!!
     Sama juga waktu ngadepin OSP, ada juga TC, juga dari provinsi.. Di sini gw ketemu temen2 lama dan temen2 baru. Adrian, Ikhsan, Ragil, Muflikhah, Dianti, Shinta, Jingga.. Dan yg baru ada Dani yg item tapi ga manis sama sekali, Bima yg katanya Adrian baby-face, Iqbal yg kalo mau tidur suka goyang-goyangin kaki (lucu banget tauk! Sorry, Baaall! :p), Rudi yg klo ngomong pake bahasa isyarat, plus Khistiara yg diemnya misterius.. 10 HARI MENYATUKAN KITA DALAM TC..
     Tanggal 15 Mei gw berangkat ke Padang.. Berangkatnya naik pesawat, looohhhh! (ga usah alay, Jamal!) Tiba di Padang tggl itu juga sekitar jam 3-an.. Trus urus administrasi yg rempongnya melewati nebula, menembus debu kosmik, dimulai dari bigbang, dan diakhiri jadi supernova. Dan gw dapet kamar 418, bareng sama anak Atjeh, Alif, dan anak Jabar, Ega..
     Tes di Padang berlangsung 2 hari, 17 dan 18 Mei. Dan dgn sangat cetar, TES IPS PALING BANYAK GILAAAKKK!! Everything’s soft, too.. AKU RAPOPO. Abis tes 2 hari, dilanjut wisata edukasi ke Bukittinggi. Di sono cuma ada acara penyambutan gitu di SMP 4 Bukittinggi (plus numpang makan siang.. :D) Dilanjut dgn wisata ke Lobang Jepang dan Jam Gadang.. Yah, biasa aja sih..
    Paling stres selama OSN di Padang itu waktu pengumuman tggl 20-nya.. Pengumumannya malem2 sekitar jam 9-10.. Dan yg paling gw stresin adalah, NAMA GW GA DISEBUT-SEBUT SAMPAI MEDALI EMAS!! Karena gw cuma merasa mentok ke perak, begitu nama gw ga disebut, gw stress. Tapi begitu nama gw disebut sbg gold medalist terakhir, gw loncat seloncat-loncatnya (walau ga lebih dr 3 meter, jadi ga lolos seleksi atlet hombo batu Nias..), teriak seteriak-teriaknya (walaupun ga semerdu Anggun C. Sasmi, gw teriak mirip onta bunting kena MERS), dan maju dg sempoyongan (mirip orang sakau minum arak 5 tanki bus sedot tinja) ALHAMDULILLAH, ALLAH, EMAS!!
    Dan besoknya, gw balik ke dunia asal gw.. Ke rumah gw.. Dan pelaksanaan OSN berakhir sudah, tapi kisah-kisahnya, cerita cintanya, untaian kasihnya, GA AKAN PERNAH BERAKHIR..

Di Soeatoe Kamer
Pon, Antara Bulan Purnama hingga Bulan Baru, 3 hari sebelum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad, 2014
JHR

0 komentar:

Posting Komentar