6/10/2013

MA-60 Merpati Kecelakaan Di Kupang


Sebuah pesawat MA-60 yang dioperasikan maskapai  Merpati Nusantara mengalami kecelakaan di Bandara El Tari- Kupang hari ini , Senin (10/6/2013). Pesawat dengan nomor penerbangan MZ 6517 jurusan Bajawa (BJW) – Kupang (KOE) tersebut tampak tersuruk di landasan pacu  07 Bandara El Tari. Dari foto yang diterima Angkasa, terlihat pesawattotal loss. Roda depan tidak terlihat. Begitu pula baling-baling di kanan-kiri pesawat juga terlepas. Sedangkan sayap pesawat terangkat dari badan pesawat.

Saat ini pesawat tengah dievakuasi  untuk memperlancar operasional bandara. Pesawat dievakuasi  sambil menunggu tim dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi.

Menurut manifest, pesawat membawa 45 penumpang dewasa dan satu bayi serta empat kru. “Seluruh penumpang dan kru pesawat selamat. Setelah dilakukan evakuasi, seluruh penumpang dibawa ke VIP Lounge. Namun satu penumpang dewasa di bawa ke RS.AURI untuk dilakukan pengecekan kesehatan,’’ ujar  Corporate Secretary PT.Merpati Nusantara Airlines Herry Saptanto.

Menurut Herry, awalnya pesawat terbang dengan rute Kupang – Bajawa pukul 07.40 WITA kemudian kembali terbang dari Bajawa menuju Kupang  pukul 09.00 WITA  dengan ETA  jam 09.40 WITA. Menurut rencana Pesawat tersebut akan menerbangi rute Kupang – Waingapu pp  dan  Kupang – Alor pp. “Dengan adanya kejadian ini Merpati akan menyiapkan pesawat pengganti agar pelayanan ke kota – kota tersebut tidak terganggu,” ujar Herry lagi.

Herry tidak mau berandai-andai tentang penyebab kecelakaan. Pihak manajemen Merpati masih menunggu hasil investigasi  oleh KNKT guna mengetahui sebab-sebab kecelakaan. Namun demikian Herry menegaskan pesawat tersebut laik terbang. Pesawat tersebut pertama kali digunakan di Merpati pada Desember 2010.

Untuk  soal penanganan bagasi , muatan barang dan pengobatan penumpang, Herry berjanji akan dilakukan sesuai ketentuan yang diatur dalam  UU Penerbangan. Untuk itu, yang merasa berkebutuhan bisa menghubungi telp 08161459335 , 08111464473  dan 021 6548888 Ext.6160

0 komentar:

Posting Komentar